WATER KEFIR ALTERNATIF PENGGANTI SOFT DRINKS

Kita semua pasti tahu apa itu minuman soft drinks, rasanya yang bervariasi dan sensasi sodanya membuat kita ketagihan, tapi apakah kita tahu bahaya yang akan mengancam kita jika sering mengkonsumsi minuman soft drinks tersebut apalagi dalam jangka yang panjang.




Berikut bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi soft drinks :

Softdrink dan minuman dengan pemanis buatan tingkatkan risiko diabetes, penyakit jantung koroner (PJK), dan mahalnya biaya kesehatan. Para peneliti melaporkan, baru-baru ini pada American Heart Association’s 50th Annual Conference on Cardiovascular Disease Epidemiology and Prevention.

Menggunakan Model Kebijakan Penyakit Jantung Koroner (PJK), sebuah komputer melakukan model simulasi populasi nasional usia 35 tahun ke atas, dan diprakirakan peningkatan konsumsi minuman manis antara 1990 dan 2000 berkontribusi pada 130.000 kasus baru diabetes, 14.000 kasus baru dari penyakit jantung koroner (PJK), dan 50.000 orang dengan penyakit tambahan lain dari penyakit jantung koroner selama 10 tahun terakhir.
Litsa Lambrakos, M.D., pemimpin studi dari University of California–San Francisco memperkirakan penyakit tambahan yang disebabkan minuman ini telah meningkatkan biaya kesehatan penyakit jantung koroner US$ 300-550 juta antara 2000 dan 2010. Angka ini bukanlah biaya yang sesungguhnya karena tidak memperhitungkan meningkatnya biaya berkaitan pengobatan dan perawatan pasien diabetes. Data model simulasi mengacu pada data dari studi epidemiologi utama, termasuk Framingham Heart Study, The Nurses Health Study dan National Health and Nutrition Examination Survey (NHANE)
Untuk bahaya yang lain anda dapat membaca artikel saya : akibat buruk dari minuman bersoda
Lalu bagaimana solusinya jika anda tetap ingin minum minuman yang mengandung soda tetapi menyehatkan, kebetulan beberapa bulan yang lalu tahun 2010 saya menemukan minuman bersoda tetapi menyehatkan yaitu water kefir. Water kefir diperoleh dari rendaman air kristal algae yang telah difermentasi selma 24 jam atau lebih (semakin lama waktu fermentasi kadar alkohol juga semakin bertambah).
Yang perlu diketahui tidak ada efek mabuk dari kandungan alkohol ini dan yang terpenting minuman water kefir ini juga terdapat sensasi soda di dalamnya.
komposisi untuk mendapatkan sensasi soda sebagai berikut :
Bahan Yang di perlukan :
1. Siapkan 1 ltr air mineral
2. Siapkan 500gr bibit kristal algae
3. Gula 8 sendok makan
4. Kismis atau kurma 2 sendok makan
Cara Pembuatannya sebagai berikut :
Larutkan gula ke dalam air mineral lalu masukan bibit kristal algae dan juga kismis/kurma ke dalam toples plastik.
Lalu biarkan campuran ini selama 24 jam (di fermentasi) di dalam kulkas, setelah 24 jam ambil air rendaman tersebut dengan cara menyaring bibit kristal algae-nya.
Air kristal algae (water kefir) siap di minum, tapi jika anda ingin menambah sensasi sodanya, biarkan water kefir selama 6 jam jangan diminum dulu.
catatan!
Komposisi diatas bisa diubah-ubah sesuai selera anda, bisa juga ditambah rasa jeruk, anggur atau yang lainnya. Bahkan buah sunnguhan juga tidak masalah.
Untuk mengetahui lebih detail tentang water kefir / kristal algae anda dapat membaca di : kristal jepang

0 komentar:

Posting Komentar